You are here

Sekolah Alam Bandung: Pendidikan untuk Manusia Paripurna

Dari Rumah Kreatif Wadas Kelir di Desa Karanglesem Purwokerto Selatan, pasukan mahasiswa S3 IP PSD bergerak menuju Bandung melalui jalur Majalengka dibawah kendali sopir terlatih Mas Hendra Nata Travel. Perjalanan panjang ini membuahkan inspirasi mengembirakan ketika rombongan tiba di Sekolah Alam yang asri dan sejuk pkl. 09.00 WIB. Baharudin, Wahid Ibnu Zaman dan Asis Khunafi bersama pendamping menemui management Sekolah Alam menyampaikan tujuan kunjungan. Beberapa saat menunggu penyelesaian adminstratif oleh tim, Daniel dan Gunadi sebagai wartawan langsung bergerak mengambil gambar pada titik-titik penting dan menarik dari lingkungan dan bangunan Sekolah Alam. Observasi dan amatan spontan terjadi secara otomatis dalam proses interaksi antara mahasiswa dengan anak-anak maupun para pembinanya.

Sekolah Alam ini menarik karena dunia alamnya yang masih natural. Bangunan tertata rapih, dihiasi taman, kolam, dan aliran air jernih nan segar tepat di samping office management. Tanah yang berbukit dikitari hutan konservasi dengan kebun padi serta sayuran hijau semakin mengoda mata dan naluri rasa ingin tahu para mahasiswa PSD. Di beberapa area ada kolam dan saluran parit air yang sedikit keruh namun menjadi tempat vaforit anak-anak untuk mandi dan berenang penuh gembira. Ada lapangan sepak bola mini, vasilitas bermain seperti slide,prosotan, jungkat-jungkit,  mengkibar, papan titian, kandang binatang dengan beberapa hewan peliharaan seperti kambing, itik, bebek dan ayam. Konsep bangunan dan ruang kelas yang mengekspresikan kebebasan belajar sepertinya memperkuat identitas sekolah alam yang berbeda dengan kelas-kelas formal-konvensional. Proses belajar mengedepankan “permainan dan bermain” sehingga ruang kelas lesehan mengambarkan dunia belajar anak yang sangat mobile tetapi menyatu dengan alam.

Dalam sesi presentasi kepala sekolah SD Alam Bandung, Aryo Budi Hutomo, S.Si, MBA menjelaskan bahwa Sekolah Alam Bandung mengembankan tiga aspek utama pendidikan yakni (1) Akhlaqul Karimah, (sikap hidup) yakni menuntun anak didik pada perilaku yang sesuai dengan Al-Quran dan Sunnah Rasulullah SAW. (2) Falsafah Ilmu Pengetahuan (logika berpikir): memahami cara berpikir logis berdasarkan integrasi iman dan ilmu. (3) Leadership yakni kemampuan mengolah alam secara harmonis, bekerja secara kelompok dan menerapkan prinsip-prinsip managment lainnya.

Implementasi filosofi ini diwujudkan dalam pembelajaran yang mengedepankan keteladanan dan pengenalan terhadap ciptaan Allah SWT dan penghargaan lingkungan. Menggunakan metode action learning dan diskusi, mengobservasi gejala alam yang berlangsung di lingkungan sekitar. Latihan kepemimpinan dikembangkan melalui Outbond, wirausaha, dinamika kelas, kegiatan tani, ternak terpadu, serta melatih rasa percaya diri, disipilin, kerjasama kelompok dan membentuk kemandirian anak. Semua proses ini terarah kepada satu tujuan untuk menciptakan manusia yang paripurna sesuai  tujuan penciptaan manusia sebagaimana diamantakan dalam Surat (QS. Al Hujarat, 13 “Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertaqwa diantara kamu.”

Sesi presentasi diwarnai dengan banyak pertanyaan dari para mahasiswa dan pendamping kepada pihak sekolah maupun anggota yayasan yang hadir dalam dialog tersebut. Kunjungan ini diakhiri dengan acara penyerahan souvenir dan pengambilan foto bersama sebagai ungkapan terima kasih atas kesediaan sekolah alam menyambut kegiatan kunjungan mahasiswa UNY. Study lab ini memberi banyak inspirasi kepada para mahasiswa, setidaknya menambah dimensi baru pada aspek pengetahuan dan pengalaman nyata untuk memperkuat jati diri sebagai calon doktor bidang ilmu pendidikan. Harapan pihak Program studi melalui dosen pendamping DR. Siti Irene Dwi Ningrum, M.Si bahwa “dinamika proses semacam ini semakin memperteguh dan membuka ruang bagi integrasi pengetahuan dan teori-teori dunia persekolahan secara holistic dan komprehensif sebagai calon ilmuwan masa depan.” Akhirnya, Pasukan PSD bergerak menembus kemacetan kota Bandung menuju Yogyakarta pada hari Sabtu, 2 April pkl. 18.00 dan tiba pada pukul 09.00 pada hari Minggu 3 April 2016.  Harapan dan doa terindah dengan mengucapkan bismilah dan pujian kepada Allah bagi kelancaran tahapan lanjut sidang proposal, kegiatan riset dan ujian disertasi agar tepat waktu sesuai  target. Semoga Allah merestui semua rencana indah tersebut. (Daniel Dike dan Gunadi Adi Putra Yunus)

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)