Model Service-Learning dalam Pembelajaran Biologi untuk Mengembangkan Karakter dan Penguasaan Materi Materi pada Mahasiswa

Pemerintah memiliki komitmen dalam Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Formal, termasuk pada Pendidikan Tinggi. Untuk keberhasilan Pendidikan Karakter, Model Pembelajaran yang efektif terus diperlukan, buka Luisa Diana Handoyo dalam pemaparan Disertasi yang berjudul Model Service-Learning dalam Pembelajaran Biologi untuk Mengembangkan Karakter dan Penguasaan Materi Materi pada Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Model Pembelajaran Service-Learning (MPSL) dalam pembelajaran biologi yang valid, praktis, dan efektif untuk mengembangkan karakter dan penugasan materi pada mahasiswa.

Luisa menggunakan desain penelitian dan pengembangan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analisa, Desain, Pengembangan, Pelaksanaan dan Evaluasi. MPSL ini diimplementasikan pada 2 mata kuliah yaitu Praktikum Kesehatan Lingkungan dan Healing Earth. Dengan dibantu 63 mahasiswa yang terpilih menggunakan teknik purposive sampling sebagai subjek penelitian. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif baik data kualitatif maupun kuantitatif.

Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa MPSL dalam pembelajaran Biologi untuk mengembangkan karakter mahasiswa memenuhi kriteria valid secara isi berdasarkan penilaian expert judgement. Kemudian Luisa menambahkan bahwa MPSL dalam pembelajaran biologi memenuhi kriteria praktis berdasarkan uji keterbacaan dan keterlaksanaan dalam pembelajaran dan MPSL dalam pembelajaran biologi memenuhi kriteria efektif untuk mengembangkan karakter dan penguasaan materi perkuliahan pada mahasiswa, ungkap Doktor Ilmu Pendidikan Konsentrasi Pendidikan Biologi ini. Hasil uji beda pada uji coba lapangan diketahui bahwa terdapat perbedaan nyata baik pada aspek karakter dan penguasaan materi perkuliahan sebelum dan setelah implementasi model pembelajaran service-learning. Dihadapan penguji dan promotor, Luisa menyimpulkan bahwa penerapan MPSL dalam pembelajaran biologi efektif dalam mengembangkan karakter dan penguasaan materi perkuliahan pada mahasiswa. (ant)