Visi Misi

Visi Keilmuan

Mengembangkan teori dan praktik  pendidikan berbasis   budaya dan falsafah bangsa Indonesia  dengan memperhatikan perkembangan global berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendekiaan untuk menghasilkan lulusan yang unggul, kreatif, inovatif dan kompetitif di Asia Tenggara pada tahun 2025.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang mengembangkan pemikiran filosofis, kritis, dan konstruktif bagi ilmu pendidikan.
  2. Menyelenggarakan penelitian dengan pendekatan inter-disipliner keilmuan  dengan temuan yang fokus, mendalam dan spesifik dalam bidang pendidikan.
  3. Menerapkan hasil penelitian untuk perbaikan kualitas pendidikan dan memberikan pelayanan konsultasi pendidikan yang berkualitas.
  4. Mengembangkan resource sharing yang unggul dengan membangun jaringan komunikasi dan kemitraan dari dalam dan luar negeri.

        Tujuan:

                 a. Menghasilkan Peneliti yang mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan penelitian dalam bidang ilmu pendidikan dari hasil pemikiran filosofis, kritis, dan
                     konstruktif secara kolaboratif dan mampu mengkomunikasikan hasil penelitian ditingkat internasional.  
                 b. Menghasilkan pengembang model pendidikan dan pembelajaran yang relevan dengan tuntutan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. 
                 c. Menghasilkan konsultan Pendidikan yang berkompeten dalam analisis masalah dan solusi pendidikan ditingkat makro, meso, dan mikro, serta memiliki kepekaan terhadap
                    pemasalahan pendidikan.  
                 d. Menghasilkan Pendidik yang menguasai teori keilmuan, teori  pendidikan dan implementasinya dalam praktik pendidikan  yang kontekstual berwawasan global
                    berdasarkan budaya dan falsafah bangsa
 

        Profil Lulusan

        Lulusan S3 Ilmu Pendidikan dapat berprofesi dan memiliki kompetensi:

               1. Pakar Ilmu Pendidikan 
                   Mampu mengidentifikasi, menelaah, mengurai, sekaligus memberikan solusi atas persoalan-persoalan pendidikan dan pembelajaran berdasarkan keluasan dan
                   kedalaman teori yang dimiliki dengan tidak meninggalkan akar budaya dan falsafah bangsa Indonesia; 
               2. Peneliti Pendidikan
                   Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan penelitian dalam bidang ilmu pendidikan dengan berbagai pendekatan penelitian dan mampu mengembangkan hasil 
                   pemikiran filosofis, kritis, dan konstruktif secara kolaboratif serta mampu mengkomunikasikan hasil penelitian dan pemikiran tersebut di tingkat internasional.  
               3. Konsultan Pendidikan
                   Memiliki kepekaan terhadap  pemasalahan pendidikan, dan kompeten dalam analisis masalah serta solusi pendidikan tingkat mikro, meso, maupun makro. 
               4. Pengembang model Pembelajaran dan Pendidikan, 
                   Dapat mengembangkan dan menemukan model pembelajaran dan pendidikan yang relevan dengan tuntutan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni;
               5. Pendidik/ Dosen 
                  Menguasai akar filosofis, teoritis, dan metodologis dalam pembelajaran dengan bingkai praksis pendidikan yang ikhlas, jujur, dan terbuka.