Kurikulum

Pada Program Studi ini akan dikaji: teori-teori pendidikan kontemporer; fondasi-fondasi pendidikan (historis, filosofis, sosiologis, psikologis, antropologis, dan komparatif); dinamika dan tantangan pedagogik dialektik; teori pesekolahan dan permasalahan-permasalahannya; berbagai kebijakan pendidikan dan tantangan-tantangannya; metodologi dan analisis ilmiah, imajinatif, intuitif, artistik dan reflektif terhadap persoalan-persoalan pendidikan; advokasi pendidikan dalam berbagai lembaga pendidikan. Program ini memberikan dasar ilmu pendidikan secara umum dan menawarkan 5 pilihan konsentrasi: Teknologi Pembelajaran, Pendidikan IPS, Pendidikan Nonformal, Pendidikan Seni, dan Pendidikan Ekonomi.

Capaian Pembelajaran Lulusan Prgram Studi Doktoral Ilmu Pendidikan

Sikap

CPL 1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan menunjukkan sikap religius, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bersama yang berdasarkan Pancasila;

CPL 2. Memiliki nasionalisme, cinta tanah air, dan kepekaan sebagai warga negara yang menghargai keragaman budaya, etnis, agama, kepercayaan, serta aneka kearan lokal bangsa Indonesia;

CPL 3. Mampu bekerjasama dan memiliki kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, dengan menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya;

CPL 4. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat, serta memiliki semangat kemandirian, kejuangan, dan entrepreneurship  untuk kemaslahatan pribadi, masyarakat, bangsa, dan negara.

Pengetahuan

CPL 5. Menguasai filosofi, teori, konsep, pendekatan, metode dan model untuk pengembangan praksis  pendidikan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni;

CPL 6. Menguasai Kerangka teori, metodologi riset, dan  publikasi hasil riset berbasis teknologi informasi dan komunikasi;

CPL 7. Mengembangkan  kepemimpinan pendidikan berbasis nilai budaya dan falsafah bangsa, serta wawasan global dalam rangka menghasilkan karya inovatif yang berorientasi pada pemecahan masalah  pendidikan.

Keterampilan Umum

CPL 8. Mampu mengkritisi dan mengkreasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni  dengan menghasilkan teori atau  karya desain, prototype, dan model inovatif yang  bernilai tambah atau dapat digunakan untuk penyelesaian masalah berdasarkan pemikiran logis, kritis, kreatif dan orisinil

CPL 9. Mampu menyusun karya   ilmiah  yang memiliki novelty  berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk disertasi dan artikel yang dipublikasikan dalam jurnal internasional bereputasi, atau  karya yang dipresentasikan/dipamerkan dalam forum internasional;

CPL 10. Mampu membangun jejaring kependidikan  di dalam dan  luar negeri dalam bingkai kepemimpinan pendidikan yang efektif untuk mengelola dan mengembangkan sumberdaya organisasi yang berada di bawah tanggung jawabnya.

Ketrampilan Khusus

CPL 11. Mampu menginterpretasi teori-teori pendidikan dan mengimplementasikan dalam pendidikan dan pembelajaran sesuai dengan konteks budaya lokal dan nasional berkontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan pendidikan dan pemecahan permasalahan masyarakat.

CPL 12. Mampu mengembangkan riset  dasar  dan terapan  untuk  pendalaman keilmuan pendidikan dan perluasan inovasi pendidikan dengan pendekatan interdisipliner, multidisipliner serta transdisipliner yang dapat berkontribusi dalam pemecahan permasalahan Pendidikan.

Download kurikulum disini