Pengembangan Kerjasama Bidang Pendidikan dan Penelitian antara PPs UNY dengan Faculty of Education, University of Auckland, New Zealand

Program Pascasarjana UNY terus melebarkan jaring kerjasamanya dengan lembaga lain di luar negeri seiring dengan Visi UNY untuk menuju World Class University (WCU). Rintisan kerjasama yang terjalin kali ini dengan University of Auckland (UoA), New Zealand. Delegasi PPs UNY yang diwakili oleh Kaprodi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) PPs UNY, Prof. Dr. Yoyon Suryono dan Sekprodi S3 Ilmu Pendidikan (IP) PPs UNY, Dr. Siti Irene Astuti D serta Dekan FIP UNY, Dr. Haryanto, dan Wakil Dekan I FIP UNY, Dr. Sugito melakukan kunjungan ke universitas tersebut dengan membawa beberapa rancangan kerjasama. Rombongan diterima oleh Associate Dean International Programmes, Faculty of Education, UoA, Dr. John Hope beserta Head of School of Critical Studies in Education, Faculty of Education, UoA, Dr. Airini, Senior Lecture, School of Learning, Development and Professional Practice, Faculty of Education, UoA, Dr. Pam Millward, dan Co-Director, Centre for Entrepreneurial Learning, Business School, Geoff Whitcher.

Penerimaan kunjungan delegasi UNY di Faculty of Education, UoA, pada Selasa (27/11) tersebut lebih pada diskusi mengenai kemungkinan kerjasama dalam bidang publikasi, pertukaran dosen, dan dosen tamu. Selain itu tanya jawab mengenai pendidikan profesi juga berkembang seiring membuka peluang kerjasama di bidang pengembangan profesi guru di kedua universitas. UoA juga memiliki Business School yang kuat. Geoff Whitcher memaparkan tentang strategi pembelajaran kewirausahaan yang dikembangkan di univeritas tersebut. Diskusi mengenai pembelajaran kewirausahaan juga mencetuskan ide untuk bekerjasama di bidang pelatihan dosen UNY pengampu mata kuliah kewirausahaan dengan TOT.

Dari hasil diskusi dari kedua universitas, dihasilkan beberapa kesepahaman dan rencana tindak lanjut untuk pengembangan kerjasama antara PPs UNY dengan Faculty of Education, UoA. Beberapa kesepakatan tersebut antara lain, PPs UNY dan School of Critical Study in Education, Faculty of Education, UoA sepakat melakukan kerjasama penelitian pendidikan. Kedua lembaga menyepakati fokus kajian kearifan lokal, pemberdayaan masyarakat, harmoni sosial, kebencanaan, dan kesetaraan gender. Kedua univeritas juga sepakat untuk merintis kerjasama bidang penelitian, publikasi, pertukaran dosen, dosen tamu, studi lanjut, dan pelatihan singkat. Kesepakatan terseut diwujudkan dalam bentuk Letter of Agreement (LoA) yang ditandatangani oleh Dekan FIP UNY, Direktur PPs UNY, dan Dean Faculty of Education, UoA. Rintisan tersebut akan dijadikan embrio untuk pengembangan MoU antara kedua universitas dengan cakupan yang lebih luas.

Berdasarkan kesepakatan yang telah tertuang dalam LoA, Prodi S3 IP PPs UNY pada tahun 2013 akan segera melakukan realisasi kegiatan di antaranya penelitian bersama dengan Faculty of Education, UoA dengan menggunakan sumber dana dari masing-masing universitas. Selain itu, Prodi S3 IP dan S2 PLS PPs UNY akan mengundang professor atau doktor dari Faculty of Education, UoA sebagai dosen tamu pada semester genap 2012/2013 dan bekerjasama dengan FIP UNY akan mengundang sebagai narasumber seminar internasional. Mahasiswa S3 IP juga dipersiapkan untuk mengikuti program penulisan publikasi ilmiah bekerjasama dengan Faculty of Education, UoA dan para dosen akan difasilitasi untuk mengikuti pelatihan singkat kajian tertentu. (Irene/Sinta).