Profil Singkat

Pemikiran dan praktik pendidikan selama ini lebih bersifat "borrowing" dari negara lain, sehingga kurang mendorong para pendidik (guru) dan praktisi pendidikan untuk memikirkan dan memahami dasar filosofis, nilai budaya, sosial historis yang harus dibangun sebagai dasar pengembangan teori dan praktik pendidikan Indonesia. Banyak kebijakan pendidikan dan praktik-praktik pendidikan yang kurang dapat membawa hasil yang diharapkan. Apa yang tampak menjadi penting adalah menggali dan memahami kekayaan indigenous akar filosofis, historis, sosial budaya pandangan teori pendidikan yang telah dirintis dan dilakukan aktor pendidikan lokal maupun nasional, disamping menggali teori pendidikan dengan perspektif ke luar yang membangun pemahaman global untuk dapat berpartisipasi aktif dalam kehidupan global yang berubah sangat cepat dan kompleks.

Kurikulum program dokter (S-3) Ilmu Pendidikan ini dibangun atas dasar pemikiran di atas, sehingga para mahasiswa dituntut mencermati, memahami dan berkontribusi secara aktif untuk membangun teori pendidikan yang sesuai dengan kehidupan nasional, lokal dengan kekayaan filosofis, historis, nilai-nilai sosial kultural, dan interaksinya dengan pemikiran pendidikan internasional yang terjadi berkesinambungan.

Bidang kajian utama Program Studi S-3 Ilmu Pendididkan mencakup 5 (lima) bidang kajian yang meliputi: (1) modal religius, (2) modal historis, (3) modal filosofis, (4) modal sosial, dan (5) modal budaya, yang bersifat interkoneksitas dalam membangun manusia Indonesia seutuhnya dalam perspektif global. Kelima modal yang pada hakikatnya merupakan kesatuan organis harmonis dinamis, itu dapat dikaji dengan lebih memfokuskan pada masing-masing bidang.