You are here
Visi Misi
Primary tabs
Visi Keilmuan
Mengembangkan teori dan praktik pendidikan berbasis budaya dan falsafah bangsa Indonesia dengan memperhatikan perkembangan global berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendekiaan untuk menghasilkan lulusan yang unggul, kreatif, inovatif dan kompetitif di Asia Tenggara pada tahun 2025.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan yang mengembangkan pemikiran filosofis, kritis, dan konstruktif bagi ilmu pendidikan.
- Menyelenggarakan penelitian dengan pendekatan inter-disipliner keilmuan dengan temuan yang fokus, mendalam dan spesifik dalam bidang pendidikan.
- Menerapkan hasil penelitian untuk perbaikan kualitas pendidikan dan memberikan pelayanan konsultasi pendidikan yang berkualitas.
- Mengembangkan resource sharing yang unggul dengan membangun jaringan komunikasi dan kemitraan dari dalam dan luar negeri.
Tujuan:
a. Menghasilkan Peneliti yang mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan penelitian dalam bidang ilmu pendidikan dari hasil pemikiran filosofis, kritis, dan
konstruktif secara kolaboratif dan mampu mengkomunikasikan hasil penelitian ditingkat internasional.
b. Menghasilkan pengembang model pendidikan dan pembelajaran yang relevan dengan tuntutan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
c. Menghasilkan konsultan Pendidikan yang berkompeten dalam analisis masalah dan solusi pendidikan ditingkat makro, meso, dan mikro, serta memiliki kepekaan terhadap
pemasalahan pendidikan.
d. Menghasilkan Pendidik yang menguasai teori keilmuan, teori pendidikan dan implementasinya dalam praktik pendidikan yang kontekstual berwawasan global
berdasarkan budaya dan falsafah bangsa
Profil Lulusan
Lulusan S3 Ilmu Pendidikan dapat berprofesi dan memiliki kompetensi:
1. Pakar Ilmu Pendidikan
Mampu mengidentifikasi, menelaah, mengurai, sekaligus memberikan solusi atas persoalan-persoalan pendidikan dan pembelajaran berdasarkan keluasan dan
kedalaman teori yang dimiliki dengan tidak meninggalkan akar budaya dan falsafah bangsa Indonesia;
2. Peneliti Pendidikan
Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan penelitian dalam bidang ilmu pendidikan dengan berbagai pendekatan penelitian dan mampu mengembangkan hasil
pemikiran filosofis, kritis, dan konstruktif secara kolaboratif serta mampu mengkomunikasikan hasil penelitian dan pemikiran tersebut di tingkat internasional.
3. Konsultan Pendidikan
Memiliki kepekaan terhadap pemasalahan pendidikan, dan kompeten dalam analisis masalah serta solusi pendidikan tingkat mikro, meso, maupun makro.
4. Pengembang model Pembelajaran dan Pendidikan,
Dapat mengembangkan dan menemukan model pembelajaran dan pendidikan yang relevan dengan tuntutan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni;
5. Pendidik/ Dosen
Menguasai akar filosofis, teoritis, dan metodologis dalam pembelajaran dengan bingkai praksis pendidikan yang ikhlas, jujur, dan terbuka.
KONTAK KAMI
SEKOLAH PASCASARJANA
Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office)
Fax. +62274-520326
Email: pps@uny.ac.id, humas_pps@uny.ac.id
Website : http://sps.uny.ac.id
FB: pascasarjana UNY
IG: spsuny_official, s3ip_uny
Twitter: OfficialUNY
Copyright © 2025,